Membuat Desain Stempel dengan Teks Melengkung di Adobe Illustrator

Membuat Stempel Approved di Adobe Illustrator

Belajar desain itu menyenangkan guys, yuk belajar bareng di web ini. Kali ini aku ingin mengajak kalian untuk belajar membuat sebuah desain stempel yang simple namun cukup bagus. Pada kesempatan kali ini aku akan membuat kalian belajar Adobe Illustrator. Stempel itu memang dibutuhkan dan cukup penting sebagai pengesahan dan penguat identitas diri, stempel juga sering digunakan bersamaan dengan tanda tangan. 

Pembuatan desain stempelnya cukup mudah, hanya menggunakan beberapa shape dan teks saja. Nanti aku akan membuat desain stempel approved, dimana stempelnya digunakan untuk menyatakan sebuah item diterima/diverifikasi. Yuk belajar bareng disini! biar cepat, yuk langsung ke tahapan-tahapannya :

Membuat Stempel dengan Tulisan Melengkung


Step by Step mendesain Stempel di Illustrator

1. Buatlah lembar kerja baru di adobe illustrator, ukurannya bebas dan ukuran pixelnya cukup gunakan 72 dpi

2.  Langsung saja membuat objek baru, karena aku nantinya membuat desain stempel berbentuk lingkaran, maka buatlah objek baru lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool pada Toolbox.

Menggunakan Ellipse Tool di Adobe Illustrator


3. Berikutnya berikan warna pada objek lingkaran tadi dengan warna fill Hitam dan tanpa stroke. Perhatikan baik-baik gambar dibawah ini untuk membedakan mana Fill dan mana Stroke dari sebuah objek.

membedakan Fill dan Stroke pada Objek di Illustrator


4. Tambahkan Tulisan dengan Text Tool pada Toolbox, nanti pada kotak merah yang dilingkari kamu bisa custom bentuk, ukuran dan ketebalan dari tulisan teks yang telah terbuat.

mengubah jenis font dan ukuran teks dalam membuat stempel


5. Kemudian ubah warna dari tulisan teks yang telah dibuat dengan warna putih, Agar cepat kamu bisa langsung mengubah warnanya menggunakan warna yang telah tersedia di menu Swatches pada Panel Dockers disebelah kanan lembar kerja Adobe Illustrator.

mengubah warna tulisan di illustrator dalam membuat stempel

Dan jangan lupa drag dan posisikan tulisan tadi dengan Move Tool agar diposisikan tepat di tengah objek lingkaran yang telah dibuat diawal.


6. Lalu tambahkan lagi tulisan seperti sebelumnya dengan langkah yang sama (Buat Teks - Ubah Warna - dan Posisikan).

menambahkan teks dan merubah warna tulisan di illustrator


7. Lalu tambahkan Line/Garis di atas tulisan tadi sebagai pemanis pada objek. Kamu bisa gunakan Line Tool pada Toolbox, dan pada kotak yang ditandai merah pada gambar dibawah kamu bisa ubah warna dan ketebalan dari Line yang telah dibuat.

menggunakan fungsi garis atau line di illustrator


8. Hasil desain sebelumnya dikesampingkan dahulu, disini aku beralih dulu ke pembuatan tulisan melengkung. Tahapannya seperti dibawah ini:

  • Ke-1, buat bentuk lingkaran yang nantinya akan menjadi dasar dari tulisan melengkung tersebut. Gunakan Ellipse tool untuk membuatnya
  • Ke-2, dilanjutkan dengan menambahkan teks, terapkan teks tersebut di tepi objek lingkaran yang telah dibuat sebelumnya agar nantinya teks tersebut mengikuti lingkaran tersebut atau bisa langsung menggunakan Type on a Path Tool yang berada dalam Flyout Type Tool di Toolbox
membuat teks melengkung mengikuti lingkaran di adobe illustrator
  • Ke-3, Secara default teks yang akan muncul akan tertulis "Lorem Ipsum...". Itu merupakan teks default dari Adobe, berikutnya kamu ubah saja tulisan tersebut dengan Teks yang kamu mau dan sekaligus pada menu Properties Dockers Panel kamu bisa mengubah type tulisan dan ukurannya
cara edit tulisan melengkung pada desain stempel
  • Ke-4, Nantinya tulisan yang kamu buat akan berada di tempat yang kamu tidak inginkan, maka dari itu kamu bisa gunakan Direct Selection Tool  untuk menyesuaikan posisinya.
mengedit posisi tulisan melengkung
  • Ke-5, Sampai Tahap ini Teks yang kamu buat sudah menjadi tulisan melengkung, namun bila diletakan dibagian bawah lingkaran untuk masalah Keterbacaan/Readibility masih kurang, maka dari itu dibutuhkan beberapa tahap lagi untuk memperbaikinya. 

Kamu bisa memperbaikinya dengan cara, Seleksi tulisannya kemudian beralih ke Menu bar Type Lalu pilih Type on a Path dan diteruskan ke Type on a Path Option. jika bingung, bisa lihat gambar dibawah yang sudah ditandai dengan kotak merah.

cara membalik tulisan melengkung dibawah lingkaran 

Dan akan muncul dialog pengaturan-nya, pada dialog tersebut kamu bisa mengikuti pengaturannya seperti dibawah ini.

membalik teks melengkung dibagian bawah lingkaran 


9. Tulisan melengkung ini lalu digabungkan dengan objek lingkaran hitam yang sebelumnya dikesamping itu. gabungkanlah keduanya, nanti akan tampak seperti ini.

menggabungkan beberapa objek menjadi desain

Dan juga berikan lagi teks melengkung lainnya dibagian atas lingkaran dengan cara dan tahapan yang sama seperti sebelumnya namun ini cukup mudah karena tidak perlu untuk membalik teks, kamu cukup denga menggesernya saja dengan Direct Selection Tool


11. Kemudian buat lagi sedikit pemanis pada stempel-nya, disini aku menambahkan lingkaran kecil melingkar. Untuk awal membuatnya, silahkan kamu buat random ukuran dan posisinya kemudian letakan dibagian tengah bawah untuk memulai Rotasi. Kamu bisa gunakan Guideline untuk membantu agar presisi. 

menggunakan guideline agar presisi dalam membuat stempel

Gunakan Rotate Tool di Toolbox untuk memulai rotasinya dan sekaligus untuk menduplikatnya. Disini aku menggunakan sudut angle-nya sebesar 15 derajat. Klik saja Copy untuk menduplikat-nya dan dilanjutkan dengan menggunakan CTRL+D untuk memperbanyak objek sebanyak yang kamu mau.

menduplikat objek secara melingkar menggunakan rotate tool di illustrator


Hasilnya akan tampak seperti dibawah ini:

membuat desain stempel simple yang keren


12. Seleksi dan hapus beberapa lingkaran kecil yang tidak diperlukan, gunakan hanya beberapa lingkaran saja untuk pemanis sebuah desain. Penampakan akhir nya seperti dibawah ini.

pembuatan desain stempel verified atau approved di adobe illustrator


Bila kamu ingin mendapat File Mentah Adobe Illustrator-nya, kamu bisa mendapatkannya melaui link dibawah ini:

Demikian beberapa langkah dan tahapan aku dalam membuat sebuah desain stempel yang cukup simple menggunakan Adobe Illustrator. Dengan kalian mencoba mengikuti sebuah tutorial menggunakan program software tertentu, itu secara tidak langsung akan membuat kalian belajar dan terbiasa akan software tersebut.

Ungkapan "Bisa Karena Biasa" itu memang benar, kamu akan bisa lancar menggunakan sebuah program jika sudah terbiasa menggunakannya.

Cukup Sekian dan Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Membuat Desain Stempel dengan Teks Melengkung di Adobe Illustrator"