Coreldraw | Mengenal Software Desain Pengolah Vector

Coreldraw | Pengertian Software Design Vector

          Software Coreldraw umum sekali digunakan oleh banyak designer yang bergelut di industri-industri percetakan. Kemudahan dalam penggunaannya membuat software ini banyak diminati dan bisa dibilang hampir semua industri cetak menggunakan software Coreldraw, bukan hanya designer-designer pro dan pelaku industri besar saja yang bisa memakai software ini, karena tampilan coreldraw yang user friendly dan layout tool nya yang mudah dipahami, pemula sekalipun bahkan dengan mudah dan cepat belajar dan memahami cara pemakaian dari software coreldraw ini.

PENGERTIAN CORELDRAW

Coreldraw merupakan software desain untuk pengolahan gambar berbasis vector/editor grafik vector dan biasa digunakan pada bidang percetakan ataupun publikasi visual. 
pengolahan vector itu dimana sebuah line dan curva di kombinasikan / dibuat yang kemudian jadi sebuah kesatuan / shape.

Coreldraw dikembangkan oleh Corel Corporation, sebuah perusahaan perangkat lunak  yang berpusat di kanada, yaitu di Ottawa. Coreldraw sangat banyak seriesnya, dimana yang terbaru itu Coreldraw Graphic Suite 2020. 

Coreldraw dikembangkan agar bisa berjalan di Operating System Windows, Mac dan Linux. Namun dukungan untuk OS Linux terhenti pada series Coreldraw 9 sedangkan dukungan untuk Operating System Mac hanya ditujukan sampai versi 11 saja, walaupun sempat terhenti, namun sekarang dukungan untuk Operating System Mac didukung kembali,dimulai pada Coreldraw Graphic Suite 2019 sampai yang terbaru.

Lihat Juga : Mengenal Area Kerja Coreldraw

CORELDRAW SERIES

Coreldraw sudah sangat banyak sekali series nya mulai dari tahun 1988 sampai sekarang masih selalu terupdate terus seriesnya dengan penambahan fitur-fitur canggih tentunnya. 
Coreldraw ada versi portable nya juga, namun setelah pernah beberapa kali penggunaan menurut saya lebih baik memakai yang versi full version. untuk teman-teman semua yang berminat mau membeli licensi nya, bisa mengunjungi situs resminya.

Series Coreldraw :

Coreldraw versi 1.0 (thn.1988)

Coreldraw versi 2.0 (thn.1990)

Coreldraw versi 3.0 (thn.1992)

Coreldraw versi 4.0 (thn.1993)

Coreldraw versi 5.0 (thn.1994)

Coreldraw versi 6.0 (thn.1996)

Coreldraw versi 7.0 (thn.1997)

Coreldraw versi 8.0 (thn.1998)

Coreldraw versi 9.0 (thn.1999)

Coreldraw versi 10.0 (thn.2000)

Coreldraw versi 11.0 (thn.2002)

Coreldraw versi 12.0 (thn.2003)

Coreldraw versi X3 (thn.2005)

Coreldraw versi X4 (thn.2008)

Coreldraw versi X5 (thn.2010)

Coreldraw versi X6 (thn.2012)

Coreldraw versi X7 (thn.2014)

Coreldraw versi X8 (thn.2016)

Coreldraw Graphic Suite 2018

Coreldraw Graphic Suite 2019

Coreldraw Graphic Suite 2020

Note :

  • Semakin tinggi coreldraw seriesnya, maka semakin bagus fitur-fitur nya namun semakin tinggi pula spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan software desain tersebut.
  • File Coreldraw di series yang tinggi misal nya di Coreldraw X5 maka file tersebut tidak akan bisa dibuka di Coreldraw yang lebih rendah misalnya Coreldraw X3

PENGGUNAAN CORELDRAW

Coreldraw itu berbasis vector, jadi penggunaannya hanya desain-desain berbasis vector juga. dibawah ini beberapa penggunaan dalam desain yang bisa digunakan dengan Coreldraw :

DESAIN LOGO

Logo bisa dibuat menggunakan Coreldraw, dalam Coreldraw pembuatan logo cukup mudah apalagi ada fitur weld,trim & intersect.

Berikut contohnya dan teman-teman pasti familiar dengan logo ini. contohnya seperti ini :

Desain Logo di Coreldraw - Kiedayat
Contoh desain logo di Coreldraw - Source: Kiedayat

DESAIN KARTU NAMA

Pembuatan kartu nama di coreldraw pun sangat mudah, umumnya ukuran karu nama sekitar 9 x 5,5 (landscape) dan pelaku-pelaku industri pasti membutuhkan sebuah kartu nama sebagai identitas diri. contoh penggunaannya seperti ini:

Desain Kartu Nama di Coreldraw - Kiedayat
Contoh desain kartu nama di Coreldraw - Source: Kiedayat


DESAIN COVER BUKU

Sampai desain cover buku pun bisa dilakukan di coreldraw, baik itu design cover yang simple ataupun rumit,selagi masih berbasis vector maka itu bisa dilakukan. contohnya seperti ini teman-teman :

Desain Cover Buku di Coreldraw - Kiedayat
Contoh desain cover buku di Coreldraw - Source: Kiedayat

DESAIN ILLUSTRASI

Desain illustrasi itu banyak jenisnya, dari simple yang flat,3d sampai ke yang rumit seperti pembuatan illustrasi dan pewarnaannya dengan gunakan mesh. desain illustrasi lebih banyak dikenal seperti desain pemandangan lah gitu.contohnya seperti dibawah ini:

Desain Illustrasi di Coreldraw - Kiedayat
Contoh desain illustrasi di Coreldraw - Source: Kiedayat


DESAIN CHARACTER

Desain character bisa berbentuk utuh, setengah tubuh atau bahkan hanya kepalanya saja. desain character biasa nya digunakan untuk stock design yang nantinya bisa dipakai animasi ataupun bisa sekedar dibuat untuk sticker.

Desain Character Maskot di Coreldraw - Kiedayat
Contoh desain charcter di Coreldraw - Source: Kiedayat


Sekian artikel ini, semoga ilmu yang sedikit ini,bisa sedikit berguna dan bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar.

Terima Kasih telah berkunjung. 

Posting Komentar untuk "Coreldraw | Mengenal Software Desain Pengolah Vector"