Membuat Logo di Coreldraw dengan Golden Ratio

Cara Membuat logo di coreldraw dengan golden ratio

Kalian semua tahu kan tentang apa itu logo. Logo secara sederhananya merupakan sebuah symbol dari setiap institusi atau agency yang berfungsi sebagai identitas diri (brand) atau jati diri dari institusi tersebut.

sebuah logo itu sudah ada dari dulu, namun logo-logo di zaman dulu itu desainnya terlihat sedikit rumit bila dibandingkan dengan desain logo di zaman modern sekarang. Desain logo di zaman dulu itu sangat komplex berbanding terbalik dengan sekarang, dimana sekarang lebih cenderung bersifat simple, minimalis dan elegan.

Dalam pembuatan logo yang simple minimalist. ada sebuah teknik yang bisa diterapkan guna mendapatkan sebuah hasil desain logo yang simetris dan proporsional, yaitu Golden Ratio. Penggunaan golden ratio dalam pembuatan desain logo tidak wajibkan. Namun bila digunakan, akan membuat desain mu lebih proporsional dan terukur.

Lihat juga: Mengenal lebih dalam Area Kerja Coreldraw

Dan kali ini, aku akan membuat sebuah desain logo makanan yang menurutku cukup bagus (#bagus si, toh itu buatan sendiri.hehehe... :v)
Preview hasil akhirnya seperti ini :
Membuat logo di coreldraw step by step
semoga kalian para pembaca cukup menyukainya. jika kurang bagus, boleh komentar dikolom komentar. Baiklah langsung ke step by stepnya :

Membuat Logo di Coreldraw

1) Buat Sketsa

Pikirkan sebuah ide, lalu tuangkan ide tersebut ke secarik kertas. Lalu buatlah sketsanya di kertas tersebut. Sketsanya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

Sketsa Logo Makanan - Kiedayat
Sketsa Logo Makanan - Source: Kiedayat

Selanjutnya dari banyak sketsa yang ada misalnya, pilihlah salah satu nya, yang mana nantinya akan dieksekusi. Sketsa tidak harus rapi, mau itu terdapat banyak coretan pun tidak masalah yang penting dimengerti. Sketsa itu hanya sebuah dummy atau sebuah acuan.


2) Buka Software Coreldraw dan Buat Dokumen Baru

Buka Softwarenya dan buat dengan dokumen baru dengan cara : "Menu File - Klik New". Kemudian atur ukuran artboardnya, aku menggunakan custom dengan ukuran 1000px x 1000px dengan 72dpi. 

Lihat juga: Pembuatan Lembar Kerja Coreldraw dengan Fungsinya secara Lengkap

Tampak seperti gambar dibawah ini :

Cara membuat dokumen logo di Coreldraw
Membuat Dokumen Coreldraw - Source: Kiedayat

Bila sesuai dengan pengaturan diatas maka lembar kerja di Coreldraw akan terlihat kotak seperti gambar ini :

Tampilan lembar kerja coreldraw


3) Import Sketsa Logo 

Import gambar di Coreldraw bisa dilakukan dengan : "Menu File - Import - Kemudian Browse Sketsa ". Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :

Cara import gambar di Coreldraw
Import Gambar di Coreldraw - Source: Kiedayat

Setelah klik import, akan muncul keterangan dari gambar yang di import dan langkah berikutnya letakan titik awal gambar dipojok kiri atas lalu "Drag" dan bawa ke arah pojok kanan bawah. 

Untuk mendapatkan hasil import yang presisi, ketika "Drag" harus dibarengi dengan tombol "Shift". Hasilnya seperti ini :

Proses import gambar di coreldraw
Import Gambar - Source: Kiedayat


4) Membuat Outline Skecth

Berikunya tinggal eksekusi, buatlah outline dari sketsa tersebut. Biasanya untuk membuat outline bisa menggunakan "Pen Tool". Namun kali ini sesuai dengan judul artikel ini, maka pembuatannya akan menggunakan pola2 golden ratio.

Lihat juga: Mengetahui Semua Tool Box Coreldraw secara Detail

Oh iya, Opsi sketsa yang dipillih adalah opsi pertama jadi sketsa yang lain di crop aja.

Tapi sebelum memulai tracing outline dari sketch nya, kalian harus mengurangi Opacity-nya dengan dengan "Tool Transparancy".

Lihat gambar dibawah ini :

Transparancy tool coreldraw
Transparancy Tool Coreldraw - Source: Kiedayat

Jika sudah, lanjutkan dengan membuat grid terlebih dahulu, pembuatannya kalo di corel, bisa dengan "Freehand Tool / Tool Sejenisnya" dan jangan lupa buatnya dengan jarak dan ukuran yang sama.

Pembuatan Grid pada Desain Logo
Pembuatan Grid pada Desain Logo - Source: Kiedayat

Selanjutnya tinggal tracing sketsanya menggunakan bentuk pola-pola golden ratio untuk membentuk outline dari desain ini.

Akan terlihat seperti dibawah ini :

Membuat Logo dengan Golden Ratio
Pembuatan Logo dengan Golden Ratio - Source: Kiedayat

Setelah sampai pada tahap seperti gambar diatas, maka tinggal menghapus bagian yang tidak terpakai dari pola lingkaran tersebut. Cara menghapusnya bisa dilakukan dengan fitur Shaping Coreldraw (Trim,Weld,Intersect,..dst).

Lihat juga : Cara Menggunakan Fitur Trim, Weld, Intersect pada Coreldraw secara Lengkap 

Hasilnya Outline-nya seperti ini :

Outline Logo di Coreldraw
Outline Logo - Source: Kiedayat


5) Coloring Logo

Tahap ini adalah pewarnaan. berikan warna yang cocok pada logo tersebut, pemilihan warna dalam desain itu sesuaikan dengan kebutuhannya. disini aku menggunakan 3 Pallet warna, dan akan nampak seperti gambar ini :

Logo simple elegan di Coreldraw
Coloring Logo di Coreldraw - Source: Kiedayat

6) Tambahan Dekorasi 

Untuk mempercantik, aku menambahkan sedikit sentuhan pada logo nya berupa line yang aku tempatkan diatas logonya. Cara buatnya seperti ini :

Pertama, Buatlah line tegak lurus menggunakan Freehand Tool kemudian duplikat/buat lagi line baru dan tempatkan seperi ini.

Mempercantik konsep desain logo

Lihat juga: Memahami secara Lengkap Outline Setting di Coreldraw

Kedua, buat ukuran line tadi menjadi lebih tebal, kamu bisa melakukannya di Outline Setting pada icon yang terletak di pojok bawah.

Outline setting Coreldraw
Outline Setting Coreldraw - Source: Kiedayat

Hasilnya tampak seperti ini :

Konsep logo

Ketiga, Buatlah lingkaran dan kemudian tempatkan ditengah dari line-line yang telah dibuat. fungsi lingkaran ini nantinya untuk memotong line tersebut.

Cara memotong nya kedua objek lingkaran dengan garis, bisa menggunakan fitur shaping coreldraw (trim, intersect, weld,dst).

Memotong Objek dengan trim, weld, intersect
Memotong Objek - Source: Kiedayat

Dan hasil objek dari pemotongannya akan terlihat seperti dibawah ini. Lalu karena setelah tahap ini, tinggal input teks slogannya saja, jadi sketsanya bisa dihapus.

Proses membuat logo


7) Input Slogan Logo

Berikutnya tinggal masukan teks atau slogan dari konsep logo yang akan dibuat. Jenis font dan ukuran font nya sesuaikan saja, pilih sesuai dengan kecocokan logo nya. 

Buat teks slogannya melengkung mengikuti objek dan tempatkan di bawah logonya. Nah, untuk membuat teks melengkung seperti gambar dibawah ini, kamu bisa membuatnya dengan pilih "Menu Text - Fit Text to Path

Lihat juga: Cara Membuat Teks Melengkung mengikuti Objek secara Lengkap

Membuat teks mengikuti objek di coreldraw
Teks Mengikuti Objek di Corel - Source: Kiedayat

Kemudian input slogan yang lainnya juga dengan Text Tool, lalu atur dan buat agar telihat menarik dengan Texr Properties. 

Edit Teks dengan Text Properties

Untuk cara memunculkan teks properties nya, seperti ini : "Klik Menu Teks - Ceklis Teks Properties"

Text Properties Coreldraw X7

Maka pembuatan logo pun selesai.

Hasil Akhir logonya seperti ini.

contoh logo modern simple elegan

Tambahkan background dengan dengan rectangle tool, lalu buat ke posisi center. dan tentunya jangan lupa berikan warna.


Pembuatan Logo Selesai.

Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Membuat Logo di Coreldraw dengan Golden Ratio"