Mengganti Background Foto di Coreldraw dengan Mudah

mengganti background foto di coreldraw

Biasanya ketika seseorang bilang ingin mengedit background foto, maka kebanyakan orang akan bilang "Edit aja di Photoshop". Jawaban itu bener kok. Menurutku pribadi juga Photoshop memang sangat bagus untuk manipulasi dan editing sebuah foto. Namun ternyata di program Coreldraw pun yang basisnya lebih ke pengolahan vector, ternyata dapat juga digunakan untuk mengedit sebuah foto.

Aku akan berikan sedikit contoh pengeditan sebuah foto menggunakan softwae Coreldraw, dan kali ini aku akan tunjukan pengeditan foto di Coreldraw nya dengan mengganti background foto-nya. 

Nanti pengeditan foto-nya akan menggunakan kombinasi Pen tool dengan Teknik Shaping yang memang telah tersedia di Coreldraw. dengan pengeditan simple ini, nanti kamu bisa terapkan mungkin untuk pengeditan simple atau pun sekedar untuk  membuat sebuah Pas Foto yang notabene mengharuskan fotonya berbackground merah atau biru.

Lihat juga: Mempelajari Teknik Shaping Trim, Weld, Intersect,dll dengan Mudah dan Cepat

Mengganti Background Foto di Coreldraw

1. Buka software Coreldraw kemudian buatlah lembar kerja baru dengan Klik File - New. Bagi kamu yang belum terlalu paham dengan apa saja yang ada pada settingan lembar kerja Coreldraw, kamu bisa mengetahui nya dengan klik disini

Langkah pertama mengganti background foto
Membuat lembar Kerja Coreldraw


2. Untuk memulai sebuah pengeditan. tentunya kamu harus lebih dahulu meng-import gambarnya ke lembar kerja Coreldraw yang tadi telah dibuat. 

Import Foto ke Coreldraw
Import Foto Ke Coreldraw

Selain seperti contoh diatas ada juga 4 cara mudah cepat untuk import gambar yang bisa kamu gunakan, kamu bisa mengetahui caranya disini

Disini aku meng-import foto wajah sebagai bahan untuk digabungkan bersama background baru nanti.

Import Foto di Coreldraw
Import Foto di Coreldraw


3. Setelah Foto siap, maka waktunya untuk seleksi foto tersebut. kamu bisa gunakan Pen Tool untuk penyeleksiannya. Letak Pen Tool bisa ditemukan di area Toolbox. 

Pen tool pada toolbox

Bila tidak ditemukan, mungkin dia sembunyi. Masuk Toolbox - Freehand tool  nanti akan ditemukan disana karena Pen Tool masih satu kelompok dengan Freehand Tool.

Lihat juga: Mengenal semua fungsi Toolbox Coreldraw

Mulailah seleksi foto dengan Pen Tool sambil mengikuti bentuk objek yang yang dibutuhkan.

Menyeleksi Foto dengan Pen tool
Seleski Foto di Coreldraw - Images Source by Pixabay


4. Setelah penyeleksian selesai, waktunya pemotongan terhadap objek fotonya. Pemotongannya menggunakan Teknik Shaping Coreldraw.Caranya seperti dibawah ini:

Seleksi kedua objek,yaitu Foto dan Curva hasil seleksi foto. Untuk men-seleksi lebih dari satu objek, maka gunakan tombol Shift dan Kombinasi Mouse.

memotong gambar dengan intersect

Kemudian Perintah Teknik Shaping akan muncul pada Property bar Coreldraw. nanti disana gunakan perintah Intersect untuk memotong fotonya sesuai dengan pola seleksi. Dengan Intersect, memungkinkan untuk dapat mengambil area yang bersinggungan dari kedua objek seleksi.

Potong Objek dengan Teknik Shaping Coreldraw


5. Setelah pemotongan selesai maka akan menjadi object baru. Oleh karena itu bahan foto sebelumnya dan Pola kurva bisa dihapus karena sudah tidak digunakan lagi.

6. Waktunya menyiapkan background. Disini aku meng-import lagi foto yang nantinya akan dijadikan sebagai background. Cara import nya sama seperti sebelumnya.

Disini aku akan membuat backgroundnya tampak blur. kamu bisa gunakan effect yang tersedia di Coreldraw di Menu Bitmap - Blur

membuat efek blur pada coreldraw
Membuat Efek Blur - Images Source by Pixabay


7. Berikutnya gabungkan kedua gambar,yaitu gambar objek dan background-nya. Maksimalkan posisi objek pada background agar tampak terlihat menarik dan pas.

Lihat juga: Penggunaan Efek Bokeh Blur pada Objek Foto di Coreldraw

mengabungkan 2 objek pada coreldraw

Agar terlihat lebih menyatu, jadikan objek wajahnya menjadi blur juga, namun sisakan bagian tajamnya di area mata atau kepala nya saja. Cara membuat blur-nya sama seperti sebelumnya.

membuat gambar menjadi blur di coreldraw

Copy (ctrl + C) dan Paste (ctrl + V) objek wajah menjadi 2 bagian di tempat yang sama. Yang (dibawah)ke-1 untuk dijadikan bagian tajam dan yang (diatas)ke-2 untuk dijadikan bagian blur-nya. Untuk memposisikan objek, bisa menggunakan fitur Order jika dibutuhkan.

Setelah yang ke-2 selesai dibuat blur. kemudian gunakan Transparancy Tool lalu tempatkan transparancy pada bagian mata ataupun kepala dari objek orang tersebut. Maka objek wajah akan terlihat tajam dibandingkan lengan dan badannya.

membuat foto blur jadi tajam coreldraw

Lalu jadikan kedua objek tersebut menjadi satu grup dengan CTRL + G agar objek nya tidak akan berubah lagi posisinya.

Cara Grup Objek di Coreldraw

Lihat juga:  Mengenal Fungsi Power Clip dan Cara Kerjanya secara Lengkap


8. Sampe tahap ini, penggantian background foto pada Coreldraw sudah selesai. Namun kamu masih bisa mengatur komposisi fotonya dengan meng-crop tanpa menghapusnya layaknya Clipping Mask,yaitu dengan membuat Persegi atau persegi panjang kemudian gunakan fitur Power Clip dengan klik Menu Object - Power Clip untuk memasukan Foto tadi kedalam Persegi dan atur komposisinya. 

memotong foto dengan power clip

Penggunaan power clip di coreldraw hampir mirip seperti penggunaan clipping mask di software adobe.
Hasil akhir tampak seperti dibawah ini:

mengganti background foto di coreldraw

Dengan demikian tutorialnya selesai, cukup mudah untuk membuatnya. Semoga cara pembahasannya mudah dimengerti dan dipahami. Semoga ini bisa berguna dan bermanfaat bagi teman-teman semua yang sedang mencoba belajar Coreldraw.

Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Mengganti Background Foto di Coreldraw dengan Mudah"