Faktor Penentu Harga Desain?

Factor a Design Price
(Original Photos by Tara Winstead)

Penentu Harga Desain???

Pernahkah kalian dengar atau bahkan ditanya langsung? Begini!

“A:          Kak, bisa buatkan desain kayak gini?

B:            Bisa!

A:            Berapa harganya bikin kyk gitu?

B:            Ini rincian harganya….!

A:            Kok, Mahal banget desain gitu doang!!!

                Gampang bikin bgitu mah!!”

B:            YAUDAH, BIKIN SENDIRI AJA KLO GITU MAH,WKWK!!

 

Yah, terkadang kita menjumpai seseorang yang seperti ini, tapi tak apa! Jelaskan saja baik-baik, jika tak sesuai dengan budget, Tinggalkan saja!

“Bro,lu bisa bikin desain kan. Bisa gk buatin gw desain yg bagus, Ntar gw kasih scangkir kopi deh”

Bahkan bila itu termasuk permintaan temanmu, jika tidak ada budget & sekiranya apa yg diminta akan menyita waktu yg  bnyak & pemikiran yg rumit. TOLAK SAJA..!!!

 

Sebuah jasa itu,patut dihargai & sebuah desain/karya itu ada Nilainya, tergantung kerumitan dari pembuatannya menurutku. Ketika seorang Desainer sudah menentukan harga, maka dia sudah tau betapa mudah / sulitnya membuat desain tersebut.

Ada beberapa faktor Pertimbangan yang diperhitungkan  untuk menentukan sebuah harga desain. Desainer ataupun Buyer harus memahami akan hal ini. Berikut:

1. WAKTU

                Waktu itu penting dalam pertimbangan penentuan harga sebuah desain. Berapa lama waktu yang dihabiskan oleh desainer untuk membuat sebuah karya desain. Seorang Buyer harus bisa memahami betul & menghargai tentang hal ini. Untuk sebuah desain yang bagus, ada waktu yg harus dikorbakan.

 

2. LEVEL KERUMITAN

                Beda Project, beda juga level kerumitannya. Semakin rumit, semakin susah pula membuatnya! Dan banyak waktu juga yg dibutuhkan.

 

3. KEMAMPUAN & PENGALAMAN

                Kemampuan juga penting & menunjang dalam penentuan harga desain. Semakin level kemampuan kalian tinggi, maka kalian bebas menentukan harga nya menjadi lebih tinggi. Dan karena dengan tinggi nya keahlian, pengalaman & smakin banyak jam terbang kalian dalam membuat sebuah desain, maka semakin banyak pula bonus yg bisa di tawarkan pada Buyer, misal: Jaminan kualitas pasti bagus, Jaminan pekerjaan project cepat,dll.

                Tpi, menurutku  klo misalnya level nya masih standart,tak masalah. Di awal-awal coba cari tau aja dulu harga pasarannya berapa,trus dimurahkan sedikit untuk menarik minat buyer. Itu bisa jadi awal mula yg bagus. smakin lama waktu berlalu, portofolio semakin banyak & pengalaman makin bertambah,  dan harga jasa pun bisa naikan secara perlahan.

 

4. BUYER / KLIEN

                Faktor ini juga patut dipertimbangkan, lihat dulu siapa pembelinya/buyernya. Dan juga bisa lihat juga hubungan dengan dengan buyer gimana, misalkan buyernya teman dekat kalian. Jika begitu, bisalah diberikan diskon beberapa Persen (tidak Gratis juga kali,hehe) atau buyer yang udah berlangganan bisa diberikan potongan harga.

                Tapi jika misal Buyernya seseorang dari pihak industry, bisa dilihat dulu juga Apakah termasuk ke yang industry besaran / industry kecil. Pertimbangkan & Sesuaikan Price List nya.

 

5. PIHAK KETIGA

                Ketika mengerjakan sebuah project desain, adakalanya klo kita membutuhkan bahan-bahan/materi desain, ada yang Free & ada yang berlisensi (Berbayar). Atau ketika pengeraan desain membutuhkan bantuan dari  seseorang (orang lain/freelance), maka tentu kita membayarnya. Ini juga bisa jadi salah satu Faktor dalam menentukan harga sebuah Desain.

 

Sekian Tips tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi sebuah harga desain. Ini hanya sebuah opini, Semoga bisa Bermanfaat.

Koment dibawah jika ada yang mau ditambahkan!!

Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Faktor Penentu Harga Desain?"