Mengenal Elemen-Elemen Desain Grafis

Komponen Desain

KOMPONEN DESIGN 

           Karya Grafis yang menarik / yang dikatakan bagus itu pasti karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi nya. Misal nih dari Warna, Bentuk Font, Layout dan Illustrasinya. 

Komponen desain grafis sangat berpengaruh penggunaannya agar desain yang kita buat terlihat menarik (Eye Catching)

Desain memiliki banyak aspek komponen/elemen-elemen desain yang saling berhubungan, dan elemen-elemen ini membentuk dasar bagi pembuatan desain yang efektif dan estetis.
Dengan menerapkannya elemen desain dalam pembuatan karya desain.

maka karya desain nya akan terlihat sempurna dan bagus, bukan hanya terlihat dari estetika nya saja melainkan juga karya nya dapat menyampaikan informasi dan maksud/pesan yang lebih efektif kepada audiens.


ELEMENT-ELEMENT DESIGN

Berikut adalah beberapa elemen desain utama:

1. LINE (GARIS)

LINE adalah salah satu elemen yang paling mendasar dalam pembuatan karya desain, oleh karena itu garis disebut unsur / elemen dasar dalam desain. dalam penggunaannya garis itu terjadi ketika satu titik point(ujung) terhubung dengan titik point lainya, 

Garis dapat digunakan untuk menghubungkan, memisahkan, mengarahkan pandangan, atau menciptakan pola.bentuk garis bisa berupa garis halus lurus, putus-putus, tebal ataupun lengkung yang nanti nya menjadi sebuah outline dalam pengerjaan desain.

2. SHAPE (BENTUK)

SHAPE adalah bentuk merujuk pada kontur yang membentuk objek/pola (ruang tertutup) yang mempunyai ukuran dimensi panjang/lebar/diameter. 

Bentuk dapat berupa geometris (seperti lingkaran, segitiga, atau persegi) atau organik (seperti bentuk alami). Penggunaan bentuk dapat membantu mengatur komposisi visual.

3. SPACE (RUANG)

SPACE adalah area kosongRuang mengacu pada hubungan antara elemen-elemen dalam desain dalam konteks ruang yang ada. Ruang dapat positif (diisi oleh elemen) atau negatif (kosong). Pengidentifikasi area kosong disini yaitu hubungan antara objek dengan background

Pengaruhnya dari penggunaan Space dalam desain itu sebagai fokus mata serta keterbacaan terhadap obyek.dan kombinasi dari sebuah obyek terhadap space bisa memberikan kesan visual yang professional dan menarik.

4. SIZE (UKURAN)

SIZE mengacu pada dimensi fisik elemen-elemen dalam desain. dalam karya desain, kita bisa bermain dengan size obyek atau teks nya.
elemen ukuran juga berfungsi untuk menonjolkan hal yang memang ingin terlihat menonjol dari elemen lain dalam karya, tujuannya untuk dapat membantu menarik perhatian serta menciptakan keseimbangan visual


5. COLOR (WARNA)

COLOR  merupakan aspek penting dalam  karya dan patut untuk diperhatikan, karena Warna pada karya desain itu memiliki dampak emosional & psikologis serta dapat menyampaikan/mengkomunikasikan pesan dan menciptakan suasana.

Warna itu mempunyai 2 color mode,yaitu : CMYK (Subtractive Color) dan RGB (Additive Color)
Kedua mode warna tersebut mempunyai arah tujuannya masing-masing, CMYK digunakan untuk media cetak,seperti kertas, kain, maupun plastik. sedangkan untuk RGB digunakan untuk warna monitor, tv, dsb.

Sedikit tips : dalam mengkombinasikan warna pada sebuah karya desain, sebaiknya padukanlah hanya warna yang memang bisa menyatu(clop). pelajarilah teori warna agar teman-teman bisa paham tentang komposisi/campuran yang bagus dalam membuat desain.

6. TEXTURE

TEKSTUR merujuk pada penampilan permukaan atau kualitas taktis dari elemen dalam desain. Tekstur bisa terlihat atau dirasakan, dan bisa menjadi elemen penting untuk menambahkan kedalaman visual dan dimensi.

7. TYPOGRAPHY

TYPOGRAPHY adalah Seni memilih dan menata huruf pada ruang untuk menciptakan kesan tertentu, Penggunaan Typography yang tepat maka dapat memberikan kesan yang bisa tersampaikan dari sebuah karya secara maksimal. Typography dalam desain bisa saja bukan sekedar kata - kata pendamping sebuah obyek (contoh dalam artian membuat desain logo) melainkan typography bisa menjadi visual itu sendiri atau logo itu sendiri.

Baca juga : Mengenal Typography dalam desain

Demikian informasi tentang elemen - elemen dalam desain grafis,
semoga dapat membantu teman -teman yang sedang belajar.
Terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Mengenal Elemen-Elemen Desain Grafis"